(Jakarta-Indonesia) Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nonami Masahiro Sabtu (17/03) di Cilandak Town Square Jakarta Selatan mengumumkan, Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Depok terpilih menjadi pemenang utama program Toyota Eco Youth ke 7.

Terpilih menjadi pemenang kedua yakni SMKN 1 Pungging Mojokerto, dan pemenang ketiga SMAN 21 Makassar.

“Saya bangga pada 16 sekolah yang ikut serta dalam program Toyota Eco Youth tahun ini, dengan mengembangkan berbagai proyek perbaikan lingkungan hidup, juga pada 8 sekolah model yang meneruskan komitmen di bidang pembelajaran dan aktivitas ramah lingkungan,” ujar Nonami.”Sebagai perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, kami terpanggil untuk ambil bagian dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Program ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan kepedulian terhadap lingkungan, terutama dikalangan generasi muda.”

Kegiatan yang dilakukan SMAN 1 Depok yakni melaksanakan konservasi di Situ Lio Depok, yang difokuskan pada upaya bersama dengan masyarakat sekitar untuk menjaga Situ Lio bebas dari sampah.

Selain itu, program lain yang dilakukan yakni membuat daftar inventaris beragam flora dan fauna yang ada dalam lokasi Situ, kemudian menjadikan ekosistem Situ Lio sebagai materi muatan lokal untuk kegiatan belajar di sekolah, serta melakukan upaya melindungi ekosistem Situ Lio dengan memberi pengertian dan bimbingan kepada masyarakat mengenai pentingnya Situ Lio, dan juga cara pemeliharaannya.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan PT TMMIN, dijelaskan SMAN 1 Depok terpilih menjadi pemenang utama karena memenuhi kriteria utama penjurian Program Toyota Eco Youth 7, antara lain pengimplementasian Reduce, Reuse, Recycle dan Replant (3R+1R) dalam area sekolah, pengimplementasian aspek manajemen lingkungan, kurikulum sekolah mengandung muatan lokal lingkungan hidup, dan menjalankan program kesadaran lingkungan hidup bagi komunitas di sekitar sekolah.

Sebagai pemenang, SMAN 1 Depok mendapatkan hadiah berupa uang senilai Rp 125 juta untuk membeli peralatan sekolah.

Program Toyota Eco Youth ke 7 diikuti 16 SMA dari berbagai daerah di Indonesia, yakni Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, Surabaya, Mojokerto, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.

Toyota Eco Youth diselenggarakan sejak tahun 2005, dan telah diikuti sekitar 355 sekolah dari 21 kota besar di Indonesia.

(warta kota, 22 maret 2012)

Advertisements